Rabu, 28 Oktober 2009

Case Tool

Case merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membantu satu atau beberapa fase dalam life-cycle software,termasuk fase analisis,desain,implementasi dan maintenance dari software.
Manfaat case tools untuk software engineer adalah :

1.Memperbesar kemungkinan otomatisasi pada setiap fase life-cycle software.

2.Membatu dalam meningkatkan kualitas design model suatu software sebelum software itu dibangun/dikembangkan,baik itu untuk software yang dibangun dalam simple maupun complex environment.

Case Tools diklarifikasikan sebagai berikut :
1. Upper Case ==> Case yang didesain untuk mendukung perencanaan,identifikasi,dan seleksi proyek (permulaan dari perencanaan proyek),tepatnya pada fase analisis dan desain dari suatu system development life cycle (SDLC).Tools yang termasuk kelas ini adalah jenis Diagramming tools,Form and Report generators dan Analysis Tools.
2.Lower Case ==> Case yang di desain untuk mendukung tahap implementasi dan maintenance dari SDLC.Tools yang termasuk kelas ini adalah jenis Code Generator.

Contoh Software Upper Case :
1. Ken Rename : software dengan utilitas untuk mengubah nama tambahan jumlah file dan memiliki pohon direktori untuk memilih file.Ken rename memiliki banyak kebiasaan pintas keyboard untuk membantu pengguna memastikan aliran cepat dan mudah dari aplikasi.

2. Photoshop : perangkat lunak editor citra buatan adobe system yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

3.Adobe Premier : perangkat lunak editor yang dikhususkan untuk pengeditan video/film dengan berbagai efek.

4.Software Password Generator : program yang dirancang untuk menghasilkan crack,pasword dengan mudah dan cepat,kita dapat mengubah password yang sangat kuat hingga 128 panjang karakter untuk semua acount.sementara untuk membuat sandi,kita dapat menggunakan huruf,angka,simbol,dan juga sebagai kombinasi.

5.Batch File Rename : Aplikasi yang mempu mengkonversi file ke dalam share point kompatibel serta format yang kompatibel internet dan menyediakan fitur yang berbeda untuk nomor renumbering urutan dan mengubah nama file musik Mp3 dengan bantuan tag seperti album,judul.


Contoh Software Lower Case :
1.Netbeans : Software untuk pengembangan aplikasi desktop java,dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans.Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler (arsip java yang memuat kelas-kelas java untuk berinteraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul.

2.Visual Basic : Pemograman yang mudah digunakan untuk pengembangan aplikasi,baik itu aplikasi kecil maupun aplikasi besar.

3.Java : bahasa pemograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon dan dapat dikembangkan ke dalam berbagai aplikasi.

4.Desk Tool : alat yang dapat digunakan untuk meminimalkan aplikasi apapun,juga dapat membuat aplikasi transparan.Desk Tool merupakan paket dengan banyak tools canggih lainnya seperti CritHide (menyembunyikan semua aplikasi yang berisi kata kunci particular).

5.BPM ( bussiness process management ) tool : perangkat lunak yang disediakan untuk membantu organisasi dalam mengelola proses bisnis yang dimilikinya mulai dari tahap perancangan, lalu otomasi (komputerisasi), kemudian eksekusi, hingga tahap monitoring.